Sabtu, 03 Desember 2011

ELASTISITAS PERMINTAAN

Istilah elastisitas oleh para ahli bahasa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi pemuluran atau kemuluran yang diambil dari bahasa jawa mulur. Oleh karena itu pemuluran atau elastisitas harga sinonim katanya adalah kepekaan terhadap perubahan harga. 
Pemuluran permintaan atau elastisitas permintaan (elasticity of demand) adalah tingkat kepekaan permintaan terhadap perubahan harga, atas besarnya perubahan permintaan akibat perubahan harga. Besar dan kecilnya jumlah barang yang diminta sebagai akibat perubahan harga untuk tiap-tiap barang tidak sama. Oleh karena itu, permintaan terhadap barang dibedakan menjadi : 
1. Permintaan elastisitas (mulur) ialah apabila terjadi sedikit saja perubahan harga akan menimbulkan perubahan yang relative besar dalam permintaan, misalnya barang-barang mewah. 
2. Permintaan inelastic (tidak mulur) ialah perubahan harga akan menimbulkan perubahan yang sedikit saja terhadap permintaan atau disebut juga dengan permintaan yang inelastic, misalnya kebutuhan pokok. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar