Kamis, 08 Desember 2011

Langkah Pengerjaan Dengan MYOB



STUDI KASUS PERUSAHAAN DAGANG
PT Pacific merupakan sebuah perusahaan yang memperdagangkan peralatan
kantor. Perusahaan sudah cukup lama berdiri dan memiliki jaringan pemasaran
yang luas. PT Pacific mempunyai beberapa pelanggan tetap(customer) dan
pemasok tetap(vendor) . Transaksi pembelian barang dilakukan oleh perusahaan
hanya kepada pemasok tetap dengan cara kredit, perusahaan menjual barang
dagangan secara kredit kepada pelanggan tetap, sedangkan kepada pelanggan
tidak tetap pembayaran dilakukan secara tunai.
Daftar saldo Rekening per 1 Januari 2005
Harco Mangga dua Lt.1 Blok C 58
Telp 7208718
Fax 7237010
Jakarta
Account
number
Account name Type Opening balance
10000
Aktiva Header
11000
Aktiva lancar Header
11100
Kas Detail cheque Rp 2.500.000
11105
Kas kecil Detail Rp 750.000
11110
Bank Header
11111
Bank pacific Detail cheque Rp 45.000.000
11112
Bank Atlantic Detail cheque Rp 25.000.000
11120
Piutang usaha Detail Rp 47.500.000
11130
Piutang karyawan Detail Rp 11140
Uang muka kepada pemasok Detail Rp 11150
Persediaan barang dagangan Detail Rp166.380.000
12000
Aktiva tetap Header
12100
Peralatan kantor Header
12110
HP peralatan kantor Detail Rp 25.000.000
12115
Akl.peny.peralatan kantor Detail Rp (7.500.000)
12200
Kenderaan Header
12210
HP kenderaan Detail Rp 45.000.000
12215
Akl.peny. kenderaan Detail Rp (25.000.000)
20000
Kewajiban Header
21000
Kewajiban lancar Header
21100
Hutang gaji Detail Rp 21110
Pendapatan diterima dimuka Detail Rp 21120
Hutang usaha Detail Rp 75.000.000
21200
Hutang PPN Header
21210
PPN Keluaran Detail Rp 21220
PPN Masukan Detail Rp 21300
Hutang pajak penjualan Detail Rp 22000
Kewajiban jangka panjang Header
22100
Hutang bank pacific Detail Rp75.000.000
22200
Hutang jangka panjang lain Detail Rp 30000
Equitas Header
31000
Modal saham Detail Rp150.000.000
32000
Laba ditahan Detail Rp 24.630.000
33000
Laba priode berjalan Detail Rp 39999
Historical balancing Detail Rp 40000
Pendapatan Header
41000
Penjualan peralatan kantor Detail Rp 42000
Pend. Jasa angkut barang Detail Rp 50000
Harga pokok penjualan Header
51000
HPP peralatan kantor Detail Rp 60000
Biaya Header
61000
Gaji karyawan Detail Rp 61100
Biaya pemasaran Detail Rp 61200
Biaya transportasi Detail Rp 61300
Perawatan aktiva Detail Rp 61400
Penyusutan aktiva Detail Rp 61500
Potongan pembelian Detail Rp 61550
Potongan penjualan Detail Rp 61600
Biaya listrik Detail Rp 61700
Biaya telephon Detail Rp 61800
Biaya sewa ruang Detail Rp 61900
Perlengkapan kantor Detail Rp 80000
Pendapatan lainlain
Header
81000
Bunga bank Detail Rp 82000
Laba penjualan aktiva Detail Rp 90000
Biaya lainlain
Header
91000
Bunga pinjaman bank Detail Rp 92000
Pajak atas pendapatan bunga Detail Rp 93000
Rugi penjualan aktiva Detail Rp Data
pemasok (vendor)
Nama PT Delta PT Olympic PT Atlantic
Alamat Jl.Ir Juanda 11 Jl. Pajajaran 10 Jl. A.Yani 70
Kota Bandung Bogor Bogor
Negara Indonesia Indonesia Indonesia
Kode pos 16144
16450
Kontak Gunawan Haerulah Hendratmoko
No telp 0224578905
0251326597
0251312977
No fax 0224578909
0251326580
0251312985
Saldo awal Rp24.000.000 Rp16.000.0000 Rp35.000.000
Batas kredit Rp 7.500.000 Rp 9.500.000 Rp 9.500.000
Termin 5/10 n/
30 5/10 – n/30 5/10 – n/30
Data pelanggan (customer)
Nama PT Matahari PT Batavia PT Titanic
Alamat Mal Ambassador
Blok C3
no 12
Mal mangga dua
Blok C3
no 34
ITC Blok A25
Mangga dua
Kota Jakarta Jakarta Jakarta
Negara Indonesia Indonesia Indonesia
Kode pos 13344 42232 24246
Kontak A.Fauzi Lina Lusi
No telp 0213879905
0216000055
0216100977
No fax 0213879908
0216000060
0216100985
Saldo awal Rp10.000.000 Rp15.000.000 Rp 7.500.000
Batas kredit Rp 7.500.000 Rp 7.500.000 Rp 7.500.000
Termin 2/10 – n/30 2/10 – n/30 3/10 – n/30
Nama PT Andromeda Penjualan tunai
Alamat Jl Fatmawati 20 Dimana saja
Kota Jakarta
Negara Indonesia
Kode pos 12345
Kontak Andre Siapa saja
No telp 0217502470
No fax 0217502470
Saldo awal Rp15.000.000
Batas kredit Rp 9.500.000
Termin 3/10 – n/30
Barang dagangan
Kode IN001
IN002
IN003
Nama ERGO 726A ERGO 705 ERGO 208A
Jenis Kursi Kursi Kursi
Satuan Buah Buah Buah
Pemasok PT Delta PT Delta PT Olympic
Harga jual Rp 1.500.000 Rp 375.000 Rp 1.750.000
Harga beli Rp 1.200.000 Rp 3250.00 Rp 1.400.000
Stok 15 50 20
Min level 10 20 10
Restocking 5 25 10
Kode IN004
IN005
IN006
Nama CASANOVA 726A FLEXO DESK FA
16
ARJUNA DESK
90
Jenis Kursi Meja kerja Meja kerja
Satuan Buah Set Set
Pemasok PT Olympic PT Olympic PT Delta
Harga jual Rp 1.500.000 Rp 3.375.000 Rp 750.000
Harga beli Rp 1.200.000 Rp 2.850.000 Rp 590.000
Stok 15 8 12
Min level 10 5 10
Restocking 5 5 10
Kode IN007
IN008
IN009
Nama CREDENZA SS CREDENZA ETC
19
GAKKEN R 205
Jenis Lemari arsip Lemari arsip Lemari arsip
Satuan Buah Buah Buah
Pemasok PT Atlantic PT Atlantic PT Atlantic
Harga jual Rp 1.650.000 Rp 2.100.000 Rp 1.450.000
Harga beli Rp 1.300.000 Rp 1.750.000 Rp 1.050.000
Stok 15 12 15
Min level 10 10 10
Restocking 5 10 10
Kebijkan akuntansi
Berikut ini rincian kebijakan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan
· Priode akuntansi (tahun buku) berawal pada 1 Januari sampai 31
Desember
· Perusahaan menggunakan sistem fluktuasi untuk pengelolan dan kas
kecil
· Persediaan barang dagangan yang diperdagangkan dicata berdasarkan
harga perolehan(cost) dan dinilai dengan menggunakan penilaian
persediaan average cost
· Pembayaran gaji karyawan ditetapkan tanggal 5 pada setiap bulan
berjalan, asumsi pada kasus ini biaya gaji karyawan setiap bulan sebesar
Rp 4.500.000 (konstan selama setahun)
· Biaya sewa ruang Rp 2.500.000 per bulan dibayarkan setiap tanggal 10
· Rekening telephon dan listrik dibayarkan setiap tanggal 18
· Pembebanan baiay penyusutan per bulan berupa peralatan kantor
sebesar Rp 400.000 dan kenderaaan sebesar Rp 500.000 dicatat setiap
tanggal 25
Data transaksi selama bulan Januari 2005
02 Januari :Perusahaan memesan barang berupa kursi kepada PT Delta
dengan rincian sebagai berikut :
Jenis barang Jumlah harga beli
ERGO 726A 10 buah Rp 1.200.000
ERGO 705 30 buah Rp 325.000
Perusahaan menghendaki transaksi tersebut dilakukan secara tunai, tahap awal
dikeluarkan cek Bank pacific senilai Rp 30.000.000 untuk melunasi hutang (Rp
24.000.000) sebelum potongan dan sisanya dicatat sebagai uang muka (down
payment)
03 Januari :PT Andromeda (customer) melunasi seluruh hutang kepada
perusahaan
03 Januari :Perusahaan menjual barang secara tunai dengan rincian :
Jenis barang Jumlah Harga Jual Diskon
ERGO 726A 8 buah Rp 1.500.000 ERGO
705 30 buah Rp 375.000 5%
04 Januari :Perusahaan menerima barang yang dipesan dari PT Delta
(transaksi tanggal 02/01), tidak ada perubahan jumlah dan harga barang
05 Januari :Perusahaan membayar gaji karyawan untuk bulan Januari sebesar
Rp 4.500.000(transaksi berulang)
06 Januari :Perusahaan mengembalikan 1 buah kursi(rusak) dengan kode
ERGO 705 kepada PT Delta
07 Januari :Perusahaan mentransfer uang dari Bank Atlantic ke Bank Pacific
sebesar Rp 30.000.000
09 Januari :Perusahaan menerima pelunasan dari pelanggan PT Batavia yang
ditransfer melalui Bank Pasific dan dari PT Matahari yang telah ditransfer melalui
Bank Atlantic
10 Januari :Perusahaan membayar sewa ruang untuk bulan Januari sebesar
Rp 2.500.000
11 Januari :Perusahaan menerima pengembalian sebuah kursi berkode
ERGO 705 dari transaksi penjualan tunai pada tanggal 03/01. Perusahaan setuju
menerima pengembalian tersebut dan mengembalikan uang sesuai dengan
harga beli kursi tersebut ditambah PPN yang telah dibayarkan
13 Januari :Perusahaan menerima pelunasan piutang PT Titanic sebesar Rp
7.500.000 yang dilakukan melalui rekening Bank Atlantic
17 Januari :Perusahaan menjual satu buah sepeda motor(kenderaan) dengan
harga jual bersih sebesar Rp 5.500.000. Data historis aktiva yang bersangkutan
adalah harga perolehan sebesar Rp 6.000.000 dan telah disusutkan (total
akumulasi) sebesar Rp 1.500.000
18 Januari :Perusahaan membayar biaya listrik sebesar Rp 175.000 dan
telephon sebesar Rp 212.500 (transaksi berulang)
21 Januari :Perusahaan membeli sebuah sepeda motor(kenderaan) dengan
harga perolehan sebesar Rp 7.500.000, transaksi tersebut dibayar dengan cek
Bank pacific
22 Januari :Perusahaan menjual barang secara kredit kepada PT Batavia
dengan rincian :
Jenis barang Jumlah Harga jual Diskon
CASANOVA 208A 5 buah Rp 1.750.000 FLEXO
DESK FA 16 4 buah Rp 3.375.000
ARJUNA
DESK 90 6 buah Rp 750.000 23
Januari :Perusahaan menjual barang secara kredit kepada PT Matahari
dengan membayar sebagian transaksi sebesarp Rp 10.000.000, adapun rincian
barang adalah sebagai berikut :
Jenis barang Jumlah Harga jual Diskon
CREDENZA SS 6 buah Rp 1.650.000 CREDENZA
ETC 19 8 buah Rp 2.100.000
GAKKEN
R 205 7 buah Rp 1.450.000 24
Januari :PT Batavia (pelanggan) menukar 1 buah kursi CASANOVA 208A
seharga Rp 1.750.000 (transaksi tanggal 22 Januari) dengan 1 buah kursi
CASANOVA 726A seharga Rp 1.500.000
25 Januari :Perusahaan mencatat biaya penyusutan aktiva tetap yang
dibebankan setiap bulan. Peralatan kantor sebesar Rp 400.000 dan kenderaan
Rp 500.000 (asumsi beban penyusutan dengan adanya penjualan kenderaan
lama dan pembelian kenderaan baru adalah tetap)
26 Januari :Perusahaan menjual barang secara tunai kepada PT Kencana
dengan rincian barang sebagai berikut :
Jenis barang Jumlah Harga jual Diskon
CASANOVA 208A 8 buah Rp 1.750.000 5%
CREDENZA SS 6 buah Rp 1.650.000 3%
CREDENZA ETC 19 3 buah Rp 2.100.000
27
Januari :Perusahaan menyetujui PT Kencana(transaksi 26/01) menukar
satu buah kursi CASANOVA 208A dengan satu buah CASANOVA 726A seharga
Rp 1.500.000 (tanpa diskon), selisih nilai transaksi (nilai kursi) dikembalikan oleh
perusahaan kepada PT Kencana
27 Januari :Seorang keryawan perusahaan M Faris Alan Pratama meminjam
uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp 2.500.000. Perusahaan mengeluarkan
cek Bank Pacific untuk keperluan transaksi tersebut
28 Januari :Perusahaan membayar sebagian hutang usaha kepada PT
Atlantic dengan rincian : menggunakan cek Bank pacific sebesar Rp 10.000.000
dan menggunakan cak bank Atlantic sebesar Rp 12.000.000
29 Januari :Perusahaan mengeluarkan kas untuk membayar biaya sbb:
Biaya Pemasaran Rp 750.000
Biaya Tranportasi Rp 250.000
Biaya Perawatan aktiva Rp 200.000
Perlengkapan kantor Rp 50.000
29 Januari :Perusahaan menjual barang secara tunai kepada Ir Hermawan –
Bogor dengan rincian :
Jenis barang Jumlah Harga jual
ERGO 726A 10 buah Rp 1.500.000
ERGO 705 35 buah Rp 367.000
Perusahaan menyepakati barang dikirim ke Bogor dengan tambahan biaya
transportasi(ongkos angkut) yang dibayar Ir Hermawan sebesar Rp 200.000
30 Januari :Perusahaan memesan barang berupa kursi dan meja kerja kepada
PT Olympic dengan rincian sebagai berikut :
Jenis barang Jumlah Harga beli
CASANOVA 208A 10 buah Rp 1.400.000
FLEXO DESK FA 16 5 buah Rp 2.850.000
Data historis antara perusahaan PT Olympic menunjukkan bahwa perusahaan
masih memiliki hutang sebesar Rp 16.000.000. Untuk keperluan transaksi
tersebut perusahaan mengeluarkan cek Bank Atlantic senilai Rp 35.000.000
untuk pelunasan hutang dan sisanya dicatat sebagai uang muka(down payment)
30 Januari :PT Titanic (pelanggan tetap) memesan barang berupa kursi dan
meja kepada perusahaan dengan rincian sebagai berikut :
Jenis barang Jumlah Harga jual
CASANOVA 726A 5 buah Rp 1.500.000
FLEXO DESK FA 16 5 buah Rp 3.375.000
Data historis antara perusahaan PT Titanic menunjukkan bahwa saldo hutang
sama dengan nol. Rencana PT Titanic akan membayar secara tunai setelah
barang yang dipesan diterima, untuk keperluan transaksi tersebut PT Titanic
menyerahkan uang tunai kepepa perusahaan sebesar Rp 10.000.000 yang
dicatat sisanya dicatat sebagai uang muka(down payment)
31 Januari :M.Faris Alan Pratama (transaksi tanggal 27 Januari)
mengembalikan sebagian pinjaman sebesar Rp 500.000 dengan uang tunai
Langkah pengerjaan dengan MYOB 13
Persiapan awal
Sebelum anda memasukkan data kedalam program MYOB, ada beberapa
persiapan yang harus anda lakukan diantaranya :
1. Tetapan priode awal buku
2. Siapkan daftar rekening , beserta saldo awal neraca
3. Siapkan data customer,vendor,inventory beserta saldo awal
4. Buat rekening, linked account, tarip pajak penjualan
5. Buat transaksi yang sering terjadi berulang kali pada menu Save
Recurring (kalau ada)
6. Jika memungkinkan buat backup data (ke disket atau flash)
7. Setelah itu anda masukkan data (jurnal)
Chart of Account (Daftar rekening)
Sesuai dengan systen akuntansi ada 8 kelompok rekening beserta nomornya
disediakan pada program MYOB yaitu :
1. Assest, 2 Liability, 3 Equity, 4 Income, 5 Cost of Sales, 6 Expense, 7
Other income, 8 Other Expense
Tingkatan rekening dalam MYOB dibagi menjadi 4 tingkatan, dan jenis rekening
dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
1. Header account yaitu rekening yang masih dapat dibagi lagi menjadi
beberapa sub rekening, dimana rekening ini menampung saldo dari
subrekening, rekening ini tidak dapat menampung jurnal (transaksi)
2. Detail account yaitu rekening yang dapat menampung transaksi(postable)
dan tidak dapat dibagi lagi menjadi subrekening, saldo rekening ini akan
masuk ke rekening header pada level diatasnya
3. Detail cheque account yaitu rekening khusus untuk Bank, dapat membuat
transaksi perbankan seperti pembayaran utang, penerimaan piutang dan
dapat dilakukan rekonsiliasi bulanan, rekening ini juga digunakan untuk
menghubungkan(link) ke rekening yang lain
4. Detail credit crad yaitu rekening yang fungsinya sama dengan detail
cheque account terdapat pada kelompok liability
Linked account
Fungsi ini digunakan untuk menghubungkan anatara beberapa rekening agar
dapat berkordinasi untuk membuat jurnal secara otomatis, dan dalam
penyusunan laporan keuangan, Sebagai contoh perusahaan menetapkan bank
sebagai cheque customer receipts( rekening penerima pembayaran piutang
dagang), maka saat melakukan penjualan tunai uang hasil penjualan akan
masuk ke rekening bank.
MYOB membuat linked account menjadi 4(empat) kelompok sesuai dengan
fungsinya masingmasing.
Anda dapat mengeditnya dari menu Setup, klik linked
account
1. Account and banking account yaitu
a. Equity account for historical balancing : diisi sesuai dengan nomor
rekening penyeimbang berada di kelompok equity
b. Cheque account for electronic payments : diisi sesuai dengan nomor
rekening account cheque dibayar dimuka berada di kelompok assets( jika
ada)
c. Cheque account for undeposited funds : diisi sesuai dengan nomor
rekening account cheque dana tidak disimpan berada dikelompok assets
(jika ada)
2. Sales account yaitu :
a. Assets account for tracking receivables : diisi sesuai dengan nomor
rekening piutang dagang (kelompok assets)
b. Cheque account for customer receipts : diisi sesuai dengan rekening bank
penerima uang/cek dari pelanggan (harus bertype detail cheque account)
c. I charge freight on sales : diisi untuk rekening pendapatan angkut barang
(kelompok income) , jika tidak ada kosongkan cek mark
d. I track deposits collected from customers : diisi untuk rekening
penerimaan uang muka dari pelanggan (kelompok liability)
e. I give discount for early payment : diisi dengan nomor rekening potongan
penjualan
f. I assess charge for late payment : diisi dengan nomor rekening
pendapatan denda ( kelompok income)
3. Purchases accounts yaitu
a. Liability account for tracking payables : diisi sesuai dengan nomor
rekening hutang dagang (kelompok liability)
b. Cheque account for paying bills : diisi sesuai dengan nomor rekening
bank pembayar hutang/cek dari pemasok (harus bertype detail cheque
account)
c. I pay freight on purchases : diisi sesuai dengan rekening biaya angkut
pembelian (kelompok expense)
d. I take discount for early payment : diisi dengan nomor rekening potongan
pembelian
e. I pay charge for late payment : diisi dengan rekening biaya denda
terlambat bayar utang(kelompok expense)
4. Payroll account yaitu
a. Payroll cheque account : diisi sesuai dengan nomor rekening account
cheque dibayar dimuka berada di kelompok assets( jika ada)
b. Default employer expense account : diisi sesuai dengan nomor rekening
gaji pimpinan yang tidak termasuk didalam pembayar cek kepada
pegawai(kelompok expense)
c. Default wages expense account : diisi sesuai dengan nomor rekening gaji
dan upah (kelompok expense)
d. Default tax/deduction payable account : diisi sesuai dengan nomor
rekening pengurangan utang gaji(kelompok liability)
Pajak pertambahan nilai (PPN)
Saat melakukan pembelian/penjualan akan dikenakan PPN, secara otomatis
dihitung, maka harus melakukan setup PPn serta tarif pajaknya dan memilih
linked account untuk pajak keluaran dan pajak masukan, dilakukan dari menu
List, tax codes, dan edit yang perlu serta jangan lupa dibuat linked
a. Linked account for tax collected diisi dengan pajak keluaran (kelompok
liability)
b. Linked account for tax paid di isi dengan pajak masukan (kelompok
assets)
Setup Preference
Menu ini digunakan untuk fasilitas pilihan dan preferensi, pengaturan, bentuk
laporan baik penjualan, pembelian, pemasangan password, auto saving dan
beberapa pengaturn lainnya, terdiri dari 7 menu yang dapat digunakan fasilitas
setiap menu.
Untuk membuat otomatis keluar dengan Rp (Rupiah) anda lakukan dari Start,
control panel,pilih regional dan language, customize pilih Indonesia
Untuk menyelesaikan soal ini bahwa MYOB telah di install di komputer masing2
dan yang dipakai adalah MYOB versi 13 dan harap di ikuti langkah demi langkah
dengan melihat form yang dibuat
· Pertama sekali dari windows pilih program MYOB Accounting 13 sehingga
yang tampil
· Karena kita baru memulai maka klik Create new company file
· Next dulu baru informasi perusahaan sehingga kelihatan seperti dibawah
ini :
Menampilkan tentang priode akuntansi Januari sampai Desember 2005
Next, akan menampilkan confirm dari informasi accounting,
Next lagi pilih yang ke 2, artinya kita membuat sendiri account yang diperlukan
· Next lagi Dimana file data akan disimpan, di usahakan disimpan dalam
folder kelas masingmasing
sehingga nantinya mudah di temukan dan
tidak bercampur dengan file dari temannya, untuk nama file sesuaikan
saja dengan nama perus dan identitas kamu, seperti kelihatan dibawah ini
Next lagi, kelihatan seperti dibawah ini
Pilih Command center, kelihatan seperti ini
· Untuk membuat Rekening dapat kita mulai dari menu utama Account klik
account list sehingga tampil seperti dibawah ini :
Rekening yang harus anda buat mulai dari 10000
(Aktiva) sampai 93000
(Rugi
penjualan aktiva ) dengan cara kalau sudah ada nomor acoount tinggal edit dan
rubah namanya serta sesuaikan dengan Type apakah Header atau detail, dan
bagi yang belum dengan klik new isi nomor acccount dulu baru OK setelah itu
klik lagi new account buat nama accountnya dan typenya dan jangan lupa setiap
account sudah diisi dengan jumlah saldo awal
Jika ada yang salah perkiraan dengan klik edit, perbaiki yang salah, bisa juga
dari daftar perkiraan dengan mengklik tanda panah
Untuk menghapus rekening, dengan cara perkiraan harus di nolkan lebih dahulu,
klik edit, baru dari menu edit pilih delete account
Dengan cara sebagai berikut Pertama klik new tampil seperti ini
Untuk membuat header
Isi account number misal 1000, enter isi dengan Aktiva lancar, terus pilih Header
account, tidak bisa di isi jumlah,biarkan nilai kosong
Untuk membuat account detail
Klik New diisi acount number misal 1100, enter isi acoount name Kas , enter lagi
terus isi jumlah sesuai dengan soal, Tax code tetap NT, enter lagi kalau nilainya
merupakan perkiraan contra misal akumulasi dibuat dengan tanda kurung() atau
pakai minus.
Begitu seterusnya dengan perkiraan yang lain
Untuk membuat Rekening Bank Pacific dan Bank Atlantic dilakukan seperti
dibawah ini, yag dipilih detail cheque account, Text code tetap NT
Untuk penyusutan kelihatan seperti dibawah ini :
Setelah selesai di isi kelompok Aktiva akan kelihatan seperti dibawah ini
Untuk kelompok kewajiban setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Untuk kelompok Equity Historical Balancing harus nol dan setelah selesai
kelihatan seperti dibawah ini
Untuk kelompok income setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Untuk kelompok Cost of sales setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Untuk kelompok Expense setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Untuk kelompok Other income setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Untuk kelompok Other expense setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Link Account
Untuk menghilangkan link account edit rekening pindahkan ke rekening yang
tidak digunakan, terus bisa dirubah type accountnya
Untuk Linked account, bisa dilakukan dari setup terus linked accounts tampilkan
satu persatu mulai dari account and banking account, sales account dan
purchases account kalau sudah sama tidak perlu edit lagi dan bagi yang tidak
sama harus diedit sesuai dengan hasil seperti dibawah ini :
Untuk sales linked account klik ke tanda panah kebawah terus lihat account yang
sesuai dengan linked, kalau dibawah tinggal cekmark kotak dan pilih account
yang di inginkan
Untuk Purchases linked account klik ke tanda panah kebawah terus lihat account
yang sesuai dengan linked, kalau dibawah tinggal cekmark kotak dan pilih
account yang di inginkan
Pengaturan Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
Untuk pengaturan pajak dapat dilakukan dari menu List, Tax codes akan
ditampilkan
Tax yang harus di edit GST dan NT, yang lainnya rate di hapus, dengan cara
klik code tax , dari menu Edit , terus delete tax code, sedangkan mengedit
GST ,jangan lupa mengisi PPN Keluaran dan PPN Masukan aka kelihatan
seperti dibawah ini
Setelah dihapus hanya tinggal NT dan PPN seperti dibawah ini
Mengisi data customer
Dari menu utama pilih card file klik card list dan pilih lagi menu customer untuk
mengisi klik new isi nama customer misal PT Matahari, enter dan isi data
lengkap data customer sehingga tampil seperti dibawah ini :
Setelah selesai klik Selling details, isi sesuai dengan data yang dibawah ini
Untuk mengisi data PT Batavia,PT Titanic, PT Andromeda dan Penjualan tunai
sama seperti diatas
Mengisi data Vendor
Dari menu utama card file, baru card list, pilih suplier, terus isi data supliernya
misal PT Delta sehingga kelihatan seperti dibawah ini
Setelah selesai klik buying details isi data sesuai dengan soal
Untuk mengisi data PT Olympic,PT Atlantic , sama seperti diatas
Jika telah diisi semuanya kelihatan seperti dibawah ini
Untuk mengisi saldo awal customer
Dari menu setup, balance, customer balance, klik customer, klik add sale, isi
data awal seperti dibawah ini
Perhatikan pengisian tanggal ,isi saldo awal dan Tax code di isi NT, setelah
selesai klik record , sama juga untuk pengisian PT Matahari,PT Batavia, PT
Titanic, sedangkan penjualan tunai tidak ada saldo awal
Setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Untuk mengisi saldo awal vendor
Dari menu setup, balance, suplier balance, klik suplier, add purchases, isi data
awal seperti dibawah ini
Perhatikan pengisian tanggal ,isi saldo awal dan Tax code di isi NT, setelah
selesai klik record , sama juga untuk pengisian PT Delta,PT Atlantic
Setelah selesai kelihatan seperti dibawah ini
Mengisi data persediaan (produk)
Untuk mengisi data persediaan dengan cara dari menu utama, pilih inventory,
item list, klik new dan isi data sesuai dengan soal, sehingga hasilnya seperti
dibawah ini
Klik buying detail isi seperti dibawah ini
Klik selling detail isi seperti dibawah ini
Untuk membuat methode LIFO dari menu Inventory, klik set item price pilih last
code seperti dibawah ini
Begitu seterusnya untuk pengisian Inventory
(IN002,
IN003,
IN004,
IN005,
IN006,
IN007,
IN008,
IN009)
Untuk mengisi saldo awal inventory dilakukan dari menu inventory, adjus
inventory, perhatikan pengisian tanggal, mengisi data bisa dilakukan pakai tab
saja,setelah selesai klik record, isi data sehingga tampil seperti dibawah ini
Setelah di isi maka setiap inventory akan kelihatan
Akan terisi Quantity On Hand, Current value, Average cost seperti terlihat diatas
Penyelesaian tanggal 2 Januari 2005
Dilakukan dari menu Purchases, Enter purchases dan isi data seperti dibawah ini
Perhatikan diisi ORDER (paling atas), tanggal seusai dengan transaksi, tax
inclusive kosong, paid to day kosong
Jika keluar seperti dibawah ini jawab no
Pembayaran kepada pemasok dilakukan dari Pay bill, seperti dibawah ini
Jika kelihatan seperti dibawah ini jawab print later
Penyelesaian tanggal 3 Januari 2005
Dicatat melalaui Sales, receive payment kelihatan seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 3 Januari 2005 (ke 2)
Dilakukan dari menu Sales, enter sales, isi seperti dibawah ini
Perhatikan diisi INVOICE (paling atas) tax inclusive kosong, tanggal sesuai
transaksi, paid to day di isi ( penjualan tunai)
Penyelesaian tanggal 4 Januari 2005
Dilakukan dari menu purchases, enter purchases, suplier pilih PT Delta, akan
tampil seperti dibawah ini , jawab klik uses perchases
Klik Bill akan kelihatan seperti dibawah ini, klik record
Penyelesaian tanggal 5 Januari 2005
Penyelesaian Account, Record Journal Entry, isi data seperti dibawah ini
Karena jurnal ini jurnal berulang ,Klik Save recuring, akan kelihatan
Klik Save Tempale, setelah itu klik Record
Penyelesaian tanggal 6 Januari 2005
Dilakukan dari menu purchases, purchases register, return & debits,new
purchases, jangan lupa receive di isi pakai kurung atau minus
Untuk mencatat retur pembelian sebagai pengurang hutang dagang akan
ditampilkan
Klik Apply to Purchases, jangan lupa klik record , akan ditampilkan
Penyelesaian tanggal 7 Januari 2005
Dilakukan melalui menu Account, record jurnal enter, seperti dibawah ini
Penyelesaian tanggal 9 Januari 2005
Dilakukan melalui sales, receive payment,perhatikan yang di isi Bank pacific, isi
data seperti dibawah ini
Yang kedua dari bank Atlantic pelunasan piutang PT Matahari
Penyelesaian tanggal 10 Januari 2005
Dilakukan melalui account, record jurnal entry, Pengerjaan sama dengan
transaksi tanggal 05 Januari (transaksi berulang) seperti dibawah ini
Penyelesaian tanggal 11 Januari 2005
Dilakukan dari menu Sales register, return& credit,terus new sale sama dengan
transaksi tanggal 6 Januari, kolom ship di isi minus
Untuk mencatat pengembalian uang sebesar Rp 391.875 dilakukan dengan
Klik di tanggal 11 Januari klik lagi Pay refund sehinga ditampilkan
Penyelesaian tanggal 13 Januari 2005
Dibukukan dari melalui menu sales, receive payments, seperti dibawah ini
Penyelesaian tanggal 17 Januari 2005
Dibukukan melalui Account, Record jurnal entry, seperti dibawah ini
Penyelesaian tanggal 18 Januari 2005
Dibukukan melalui Account, Record jurnal entry, dipakai sebagai transaksi
berulang (contoh transaksi tanggal 10 Januari) seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 21 Januari 2005
Dibukukan melalui Account, Record jurnal entry, seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 22 Januari 2005
Dibukukan melalui Sales, enter sales, penjualan secara kredit paid today
dikosongkan, seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 23 Januari 2005
Dibukukan melalui Sales, enter sales, penjualan secara kredit paid today diisi
sejumlah Rp 10.000.000 , seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 24 Januari 2005
Dilakukan dari menu Sales register, return& credit,terus new sale sama dengan
transaksi tanggal 6 Januari, kolom ship di isi minus
Untuk mencatat pengurangan piutang PT Batavia sebesar Rp 275.00 dilakukan
Tanda panah ada di tanggal 24 Januari, klik apply to sale akan ditampilkan
Penyelesaian transaksi tanggal 25 Januari 2005
Dibukukan melalui Account, Record jurnal entry, dipakai sebagai transaksi
berulang (contoh transaksi tanggal 10 Januari) seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 26 Januari 2005
Dibukukan melalui Sales, enter sales, penjualan secara tunai paid today harus
diisi , seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 27 Januari 2005
Dilakukan dari menu Sales register, return& credit,terus new sale sama dengan
transaksi tanggal 6 Januari, kolom ship di isi minus
Untuk mencatat pengembalian uang sebesar Rp 178.750 dilakukan klik tanda
panah tanggal 27 Januari,
Klik icon pay refund akan ditampilkan
Klik Pay to refund sehingga tampil
Penyelesaian transaksi tanggal 27 Januari 2005
Dibukukan melalui banking, spend money, seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 28 Januari 2005
Dibukukan melalui Purchases, pay bills, seperti dibawah ini
Pembukuan Bank Pacific
Pembukuan Bank Atlantic
Penyelesaian transaksi tanggal 29 Januari 2005
Dibukukan melalui account, record journal entry, seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 29 Januari 2005 (ke 2)
Dibukukan melalui Sales,Enter sales, paid to day di isi, Freight di isi Rp 200.000
seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 29 Januari 2005 (ke 2)
Dibukukan melalui Purchases, enter purchases, seperti dibawah ini
Perhatikan diisi ORDER (paling atas), tanggal seusai dengan transaksi, tax
inclusive kosong, paid to day kosong
Untuk pembayaran kepada Pemasok dilakukan dengan purchases, pay bills
seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 30 Januari 2005
Dibukukan melalui sales, enter sales,paling atas diisi ORDER, paid today diisi Rp
10.000.000 seperti dibawah ini
Penyelesaian transaksi tanggal 31 Januari 2005
Dibukukan melalui Account,record journal entry, seperti dibawah ini
Setelah selesai semua jurnal bisa kita lihat isi setiap jurnal tersebut
Account, transaction jurnal, date from isi tanggal awal tahun tekan tab, akan
ditampilkan seperti dibawah ini
General Journal
Disburment Journal
Receipts Journal
Sales Journal
Purchases Journal
Inventory Journal
Laporan keuangan
Untuk menampikan laporan keuangan dilakukan melalui Report, indexs report
Untuk Balance sheet, standard balance sheet seperti dibawah ini
Laporan rugi laba melalui Profit and loss (Profit and loss acrual)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar